3 Obat Sakit Perut Ibu Menyusui Disetujui oleh Dokter

Comments Off on 3 Obat Sakit Perut Ibu Menyusui Disetujui oleh Dokter
3 Obat Sakit Perut Ibu Menyusui Disetujui oleh Dokter
Sakit perut memang bukan tergolong penyakit keras atau berbahaya. Namun akan lebih nyaman bila langsung diobati. Sayangnya tidak semua obat bisa dikonsumsi seperti biasa pada ibu menyusui. Perlu anjuran dokter atau setidaknya saran beberapa nama obat sakit perut ibu menyusui yang khusus.

Obat Sakit Perut yang Disarankan Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu harus memperhatikan asupan makanannya pada saat masa menyusui. Jika asal perihal konsumsi maka dapat berdampak pada konsumsi bayi juga. Seleksi asupan juga mencakup obat-obatan, baik yang ringan maupun berat. Berikut beberapa nama obat yang boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui.3 Obat Sakit Perut Ibu Menyusui Disetujui oleh Dokter
  • Loperamide

Loperamide adalah obat khusus meredakan diare. Obat ini bekerja untuk mengurangi jumlah feses yang keluar. Biasanya digunakan untuk pasien dengan keadaan ileostomi atau terdapatnya lubang poada dinding perut sebagai pengganti anus. Cara kerja dari obat ini adalah memperlambat gerakan usus.https://diarybunda.co.id/ mengatakan bahwa hasil dari cara kerja obat tersebut adalah frekuensi buang air besar yang dialami pasien bisa berkurang. Feses yang akan dikeluarkan pun menjadi lebih padat. Namun obat ini hanya untuk mengurangi gejala diare, bukan untuk mengobati seutuhnya.
  • Attapulgite

Obat sakit perut ibu menyusui attapulgite memiliki cara kerja menyerap bakteri atau racun yang menyebabkan diare. Kemudian membuang bakteri serta racun tersebut bersamaan dengan feses. Sama seperti Loperamide, attapulgite membuat feses menjadi lebih padat serta mengurangi frekuensi buang air besar.Keunggulan dari obat ini adalah mampu mengatasi kekurangan cairan yang biasa terjadi pada pasien diare. Attapulgite juga mampu meredakan kram perut akibat diare. Namun perlu diingat bahwa obat ini tidak mampu menghilangkan sakitnya, hanya untuk meredakan gejala.
  • Paracetamol

Paracetamol terkenal sebagai obat untuk sakit kepala, namun ternyata bisa digunakan untuk sakit diare yang disertai dengan demam. Tujuan penggunaan paracetamol adalah mengurangi sakit kepala dan meredakan demam, bukan untuk menyembuhkannya secara langsung.Saat ibu hamil mengalami diare berkepanjangan setelah konsumsi paracetamol, maka lebih baik memeriksakan langsung ke dokter umum. Sebagaimana yang telah dijelaskan, fungsi paracetamol hanya untuk meredakan sakit samping seperti pusing dan demam.
  • Polycarbophil

Informasi dari aplikasi https://play.google.com/store/apps/details?id=com.diarybunda&pli=1 mengatakan bahwa ibu hamil yang sakit diare dengan kondisi sembelit bisa menggunakan obat polycarbophil. Cara kerja dari obat ini adalah membentuk feses menjadi lebih lembut dengan peningkatan intensitas air, bukan keras.Selama menjalani pengobatan dengan polycarbophil disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih. Obat ini juga tidak diperbolehkan double dosis atau mengkonsumsi dua obat sekaligus dalam satu waktu. Dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya, terutama pada ibu hamil.Demikian pilihan obat sakit perut ibu menyusui, tentu penggunaanya juga harus dibawah pengawasan dokter. Jika tidak maka dikhawatirkan menimbulkan efek samping yang buruk bagi ibu dan bayi.